Doa dan Makna Dari Malam Lailatul Qadar

sumber foto pinterest

JABARTRUST.COM – Malam Lailatul Qadar sangat istimewa bagi umat muslim yang menjalankan ibadah Shaum Ramadan untuk mencapai kemenangan,ketika Allah SWT menurunkan wahyunya pertama kali melalui ayat suci Al-qur’an melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.

Dari ceramahnya Buya Yahya menyebutkan malam Lailatul Qadar malam yang sangat agung dan sangat mulia yang bisa berbuat baik pada malam itu maka kebaikan itu lebih bagus dari pada kebaikan yang dilakukan dalam tempo seribu bulan,luar biasa.

Dengan lailatul qadar inilah dapat menyalip umat umat terdahulu,umat terdahulu bisa berumur sampai Panjang seribu tahun,indah mereka bisa beribadah dalam riubuan tahun,waktu yang Panjang,tapi umat nabi Muhammad SAW dengan kasih sayang allah SWT kita tidak Panjang umur akan tetapi dengan umur yang pendek itu allah SWT beri keutamaan beribadah yang berlipat lipat,diantaranya dengan adanya Lailatul Qadar ini di bulan Ramadan.

Baca Juga :  Di Waktu Senggang, Satgas TMMD Mengajar Ngaji Dan Bahasa Inggris

Malam Lailatul Qadar ini menjadi malam 10 akhir Ramadan diantaranya hari ganjil,Imam Safi’I menyakini di malam 21 tapi Allah SWT menyembunyikan malam tersebut,maka umat muslim harus berlomba lomba untuk mencarinya, artinya kita harus mencari dari hari pertama hingga hari ke 30 bulan Ramadan.

Maksudnya menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan beribadah lebih bagusnya dari seribu bulan,berusaha kita dapat mengejar malam Lailatul Qadar dengan beriktikaf,beberapa ulama mengatakan boleh kita beriktikaf walupun Cuma sebentar tapi banyak ulama yang mengatakan seharian kita beriktikaf,semua sama dan dapat dilakukan agar kita dapat kemuliaan.


Dianjurkan kita untuk membaca doa di malam lailatul qadar inilah doanya :

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي
“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwan fa’fu ‘anni.”
Arti: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau suka memberi maaf, maka maafkan aku.”
Semoga kita sebagai umat muslim semua dapat mencapai malam seribu bulan untuk mencapai hari kemenangan.