HAKLI Dukung Peningkatan Sanitasi Lingkungan Di Kota Cirebon

JABARTRUST.COM, KOTA CIREBON – Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) perhatikan kondisi sanitasi lingkungan di Kota Cirebon.

Ketua HAKLI pusat, Arif Sumantri mengatakan, HAKLI akan mendorong
program 100 persen ODF terkhususnya di Kota Cirebon.

“Kita siap mengantarkan secara sinergis seluruh kabupaten dan kota di Jawa Barat untuk mewujudkan 100 persen ODF,” katanya, Sabtu (20/9/2022).

Dirinya menuturkan, sanitasi lingkungan ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, diantaranya kemiskinan, maupun keadaan yang berkaitan dengan ketidaktahuan masyarakat.

“Secara rata-rata kondisi sanitasi lingkungan ini memerlukan peningkatan, saat ini sendiri kondisi sanitasi lingkungan berada di angka 42,18 persen, jadi perlu ditingkatkan lagi,” tuturnya.

Arif mengungkapkan, ODF ini dapat ditingkatkan dengan cara bersinergi, tak hanya Kementerian Kesehatan saja, akan tetapi dari kementerian PUPR juga harus bersinergi.

Baca Juga :  303 Calon Jemaah Haji Kota Tasik Siap Diberangkatkan

“Disinilah peran HAKLI sebagai penghubung dengan lintas kementerian untuk peningkatan sanitasi dan kesehatan lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintah dan Kesra Kota Cirebon, Sutisna menjelaskan, untuk saat ini Kota Cirebon sendiri masih 82 persen ODF.

“HAKLI sendiri harus bisa memberikan edukasi kepada masyarakat agar dapat menjaga dan memelihara lingkungannya sendiri,” jelasnya.

Kota Cirebon sendiri sudah bekerjasama dengan BAZNAS untuk peningkatan ODF di Kota Cirebon.

“Kita sudah bangun 5 jamban komunal bekerjasama dengan Baznas, hal ini dilakukan guna meningkatkan ODF, selain itu kita juga mencoba mencari CSR untuk meningkatkan kualitas sanitasi lingkungan khususnya di Kota Cirebon,” tutupnya. ***(Sakti)