Jurnalis Tasik Transfer Ilmu Jurnalistik Kepada Anggota Tagana

Forum Komunikasi (FK) Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tasikmalaya menggelar Bimbingan Teknis dan Pelatihan Jurnalistik Lanjutan yang dilaksanakan di Hotel Dewi Asri Singaparna, Rabu (2/8/2023)

Jabartrust.com, Kab. Tasikmalaya – Forum Komunikasi (FK) Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tasikmalaya menggelar Bimbingan Teknis dan Pelatihan Jurnalistik Lanjutan yang dilaksanakan di Hotel Dewi Asri Singaparna, Rabu (2/8/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan dengan menggaet Jurnalis yang bertugas di Kabupaten Tasikmalaya ini dilaksanakan guna memberikan pemahaman dalam memberikan informasi dan data kebencanaan dalam melaporkan kejadian bencana di wilayah Kabupaten Tasikmalaya dengan tepat dan akurat.

“Tagana saat ini diarahkan untuk melek teknologi, khususnya kejurnalistikan. Dimana Tagana dituntut untuk bisa melaporkan kejadian bencana dengan akurat dan tepat,” jelas Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya, Jembar Adisetya.

Jembar menambahkan, nelalui kegiatan Jurnalistik Lanjutan bersama para jurnalis di Kabupaten Tasikmalaya ini, diharapkan kedepannya para tenaga yang bergelut di bidang penanggulangan kebencanaan bisa lebih aktif dan berkontribusi bagi masyarakat Tasikmalaya.

Baca Juga :  Miris, Ditengah Hingar Bingar Perayaan Tasik Festival 2022, WC Darurat Hanya berbahan Bambu dan Terpal

“Para anggota Tagana ini umumnya memang sudah bisa memberikan laporkan, meski seadanya. Setelah dilaksanakan pelatihan Jurnalistik pertemuan pertama dulu, alhamdulillah sudah ada perbaikan, mulai dari pengambilan video, foto, pengambilan gambar hingga membuat teks deskripsi laporan kebencanaan,” papar Jembar.

Salah seorang narasumber dari Trans Media, Deden Rahadian, mengaku sangat menyambut baik langkah Tagana Kabupaten Tasikmalaya dalam meningkatkan kapasitas, khususnya terkait ilmu kejurnalistikan.

Meski bukan jurnalis, namun anggota Tagana sama-sama memiliki peran melaporkan kegiatan di lapangan, termasuk penanganan kebencanaan. Baik laporan secara internal maupun ke masyarakat melalui media sosial yang dimiliki.

“Tugas utamannya Tagana tetap pada penanganan kemanusian, seperti membantu korban bencana. Ada pun melaporkan, baik itu video, foto maupun tulisan, adalah nilai tambahnya untuk infomasi kepada masyarakat,” jelas Deden. **(yudie)

Baca Juga :  Tokoh Nasional Ini "Utang Nyawa" Pada Terawan, Siapa Saja Dia?