Melestarikan Tradisi Nuansa Islami, SMAN 1 Pangandaran Gelar Rajaban

Jabartrust.com. Pangandaran, – Ratusan pelajar dan semua guru di SMA Negeri 1 Pangandaran turut serta dalam kegiatan rajaban. Kegiatan tersebut disambut dengan antusias oleh guru dan pelajar, seperti yang diungkapkan oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pangandaran, Sukirman, saat memberikan keterangan pada tanggal 6 Februari 2024.

Menurut Sukirman, kegiatan rajaban, yang dilaksanakan setiap tahun di SMA Negeri 1 Pangandaran, memiliki nuansa Islami yang sangat penting. Hal ini dianggap sebagai kewajiban untuk melestarikan tradisi nuansa Islami dan lebih mendekatkan diri kepada keteladanan Rosulullah Nabi Muhammad SAW. Sukirman menyampaikan bahwa tujuan dari acara rajaban ini adalah memberikan edukasi nuansa Islami kepada seluruh siswa dan guru. Lebih lanjut, Sukirman menyebutkan bahwa dalam momen tersebut, para pelajar SMA Negeri 1 Pangandaran juga memperlihatkan kemampuan atau keterampilan mereka dalam nuansa Islami.

Baca Juga :  Puncak Penghargaan: Malam Anugerah Bangga Kencana dan Komitmen Mitra

Selain itu, dalam momentum rajaban, sekolah memiliki tujuan untuk mendalami ilmu keagamaan, khususnya ilmu agama Islam. Hal ini dilakukan agar para pelajar dan warga sekolah dapat meningkatkan rasa keimanan dan keyakinan terhadap Islam, serta memperdalam pemahaman tentang Rosulullah Nabi Muhammad SAW.

Wakasek SMA Negeri 1 Pangandaran, Awan, juga menyampaikan hal serupa. Ia menyebutkan bahwa tema rajaban tahun ini adalah “Memetik Hikmah Isra Mi’raj sebagai Transformasi Diri.” Dalam era digital ini, di mana teknologi digital merajai, sekolah tetap berusaha mengikuti perkembangan zaman. Meskipun demikian, Awan menegaskan bahwa pendekatan ini tidak lepas dari koridor nuansa Islami. (Ntang SR).