Penting! 5 Cara Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Sesuai Syariat Islam

JABARTRUST.COM, BANDUNG, –Memilih hewan kurban yang baik dan sesuai dengan syariat Islam adalah langkah penting untuk memastikan bahwa ibadah kurban kita diterima oleh Allah SWT. Berikut adalah 5 tips cara memilih hewan kurban yang baik:

  1. Pastikan Hewan Ternak yang Diperbolehkan: Umat muslim diperintahkan untuk mengkurbankan hewan ternak seperti unta, kambing, domba, sapi, atau kerbau. Pastikan hewan yang Anda pilih termasuk dalam jenis hewan kurban yang diperbolehkan.
  2. Perhatikan Umur Hewan Kurban: Umur hewan kurban memiliki syarat yang berbeda-beda. Untuk kambing dan domba, umur minimal yang disyaratkan adalah 1 tahun. Sedangkan untuk sapi dan kerbau, umur minimal yang disyaratkan adalah 2 tahun. Pastikan untuk mengetahui umur hewan kurban yang Anda pilih melalui catatan kelahiran atau dengan metode cek gigi.
  3. Pastikan Hewan Tidak Cacat: Hewan kurban harus dalam keadaan sehat dan tidak cacat. Periksa apakah hewan tersebut menunjukkan tanda-tanda sakit seperti demam, kurang nafsu makan, kudis, atau mata cekung. Bulu yang bersih dan mengkilap serta cuping hidung yang basah adalah indikasi kesehatan hewan yang baik.
  4. Perhatikan Kondisi Fisik Hewan: Pilih hewan kurban yang memiliki kondisi fisik yang baik, seperti memiliki nafsu makan yang baik, lincah, dan bulu yang tidak kusam. Hewan yang sehat akan terlihat gemuk dan memiliki mata yang bersinar.
  5. Pilih Tempat Pembelian yang Tepat: Pemilihan tempat pembelian hewan kurban juga penting. Hindari membeli hewan kurban yang diternak di tempat yang tidak sehat seperti lokasi pembuangan sampah. Lebih baik memilih hewan kurban yang diternak di lingkungan yang bersih dan jauh dari polusi udara. Salah satu rekomendasi adalah membeli dari Balai Ternak BAZNAS yang menerapkan standar operasional prosedur ketat untuk menghasilkan hewan ternak berkualitas.
Baca Juga :  Tradisi Ziarah Kubur Meningkat Idul Fitri Kali Ini

Dengan memperhatikan kelima tips di atas, semoga kita dapat memilih hewan kurban yang baik dan sesuai dengan syariat Islam. Hal ini akan membuat ibadah kurban kita lebih bermakna dan diterima oleh Allah SWT.