Perhutani Divre Jabar Banten Tawarkan Objek Wisata Menarik untuk Libur Lebaran

objek wisata Gunung Dago Bogor
objek wisata Gunung Dago Bogor

JABARTRUST.COM, BANDUNG — Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten memiliki jumlah objek wisata sebanyak 337 wisata, terdiri dari 325 wisata yang dikerjasamakan baik dengan mitra maupun dengan LMDH dan 12 wisata yang dikelola oleh Perhutani.

Daya tarik wisata yang ditawarkan meliputi air terjun, cagar budaya, camping ground, goa, hutan pinus, kolam renang, kuliner, pantai, penangkaran fauna, pendakian, pondok wisata, sungai atau danau, dan taman rekreasi.

Dadan Wachju Wardhana Kepala Departemen Produksi & Ekowisata Perhutani Jabar - Banten
Dadan Wachju Wardhana Kepala Departemen Produksi & Ekowisata Perhutani Jabar – Banten

Menurut Dadan Wachju Wardhana Kepala Departemen Produksi & Ekowisata Perhutani Jabar – Banten , ada sejumlah objek wisata yang menarik dikunjungi di saat liburan Idul Fitri.

Wisata Blok Rahong

Kota Bandung tentunya selalu menjadi kota yang menarik dan favorit bagi para wisatawan untuk berlibur dan menikmati akhir pekan. Selain memiliki beragam destinasi wisata dan tempat nongkrongnya yang hits dan kekinian Bandung juga memiliki kawasan wisata yang menyuguhkan keasrian hutan alami yaitu wisata blok Rahong yang berada di daerah Pangalengan Bandung, tepatnya di Pulosari, Kec. Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kawasan yang memiliki lokasi camping menarik dengan keindahan alam sekitarnya. Tepatnya terletak di Hutan Pinus Rahong, membutuhkan waktu 1 jam 33 menit dari Kota Bandung dengan jarak 46,4 Km. Menawarkan keadaan alam asri dari hutan pinus dan aliran sungainya yang deras dengan pemandangan alamnya yang indah dan sejuk sebagai daya tarik utamanya.

Memiliki area camping ground yang cukup luas, dengan konsep tenda perkemahan di tepian Sungai Palayangan di bagian kiri dan kanan disertai dengan fasilitas yang mumpuni untuk memanjakan para wisatawan agar dapat menikmati suasana perkemahan di tepian sungai, yang tentunya sangat jauh dari hingar bingar perkotaan, sehingga membuat rileks dan merasa nyaman.

Tersedia beberapa tempat penginapan dengan range harga bervariasi dari standard yaitu : talaga pineus, batu pineus, lembah pineus, mutiara rahong, muara rahong, dan valley rahong 12 dan tersedia juga tempat penginapan dengan harga eksklusif yaitu luxury camp.

Fasilitas yang tersedia di Kawasan Wisata Blok Rahong tentunya menyediakan seperangkat alat berkemah, area parkir, mushola, toilet dan kamar mandi, water heater, private dinner and BBQ, River Tubing, dan lain – lain. Semua fasilitas yang tersedia tentunya dibandrol dengan harga yang terjangkau. Untuk dapat menikmati Kawasan Wisata ini para wisatawan dapat mengunjungi setiap hari,  dimulai pada pukul 08.00 – 18. 00 WIB.

Lamping Cirorek

Arti kata lamping dalam Kamus Bahasa Sunda-Indonesia adalah Lereng. Lamping Cirorek terletak di kaki Gunung Karacak Desa Karyamekar Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Dengan jarak 18 km dari Bundaran Tugu Intan Tarogong Garut dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Kawasan Wisata berkembang ini berada di ketinggian 1221 MDPL.

objek wisata Lamping Cikorek Garut
objek wisata Lamping Cikorek Garut

Tegakan Hutan Pinus menyuguhkan kawasan wisata yang dikelilingi oleh pohon pinus, tentunya menambah keasrian Kawasan Wisata Lamping Cirorek, serta menampakan pemandangan wilayah Kabupaten Garut yang indah dari ketinggian kawasan ini.

Dengan tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- sudah dapat menikmati keindahan Kawasan Wisata Lamping Cirorek setiap hari mulai pukul 09.00 WIB – 21.00 WIB. Bagi wisatawan yang ingin kuliner atau bermalam bisa berkemah dan tidur di vila, penginapan buka 24 jam.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Minta Linmas Jaga Rumah Warga yang Ditinggal Mudik

Destinasi wisata yang menarik di Lamping Cirorek ini juga menyediakan fasilitas camping ground dan vila yang estetik. Wisatawan bisa merasakan bermalam di tengah hutan pinus yang sejuk, sambil bercanda tawa dengan teman-teman atau keluarga.

Semua fasilitas camping sudah tersedia oleh pihak pengelola dan bisa langsung menyewanya, mulai dari tenda, matras, sleeping bag, sleeping pad, kasur angin, bantal, lampu, dsb. Lamping Cirorek Garut telah memiliki fasilitas lengkap dan juga terawat.

Mulai dari area parkir, toilet bersih, mushala terawat, kafe, toko makanan ringan, hingga tenda dan vila. Saat ini akan dilaksanakan event Campervan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Garut yang ke-210 di Lamping Cirorek pada tanggal 6-7 Mei 2023. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengecek Instagram @lampingcirorek.

Kampoeng Ciherang

Wisata Kampoeng Ciherang terletak di Desa Cijambu, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Untuk sampai ke lokasi dapat menempuh ± 35 km dari Kota Sumedang atau sekitar 10 km dari Tanjungsari.

Harga tiket masuk Kampoeng Ciherang cukup terjangkau dengan harga 20.000 – 40.000 (+paket wahana). Pengunjung dapat menikmati keindahan alam hamparan pohon pinus sambil bersantai di atas hammock atau tenda.

Pengunjung juga dapat merasakan kesegaran air kolam yang bersumber dari pegunungan. Kegiatan lainnya yang dapat dilakukan di Kampoeng Ciherang adalah menyusuri danau dengan perahu bebek atau perahu karet layaknya arung jeram mini, bermain sepeda gantung, outbond, mini cross, atau berswafoto pada spot-spot foto di sekeliling kawasan wisata.

Curug Citambur

Curug Citambur adalah sebuah curug atau air terjun yang ketinggiannya kira-kira 130 meter di Kabupaten Cianjur bagian Selatan, Provinsi Jawa Barat. Curug Citambur memiliki tiga tingkatan air terjun dimana tingkat pertama berketinggian 12 meter sedangkan tingkat kedua berketinggian 116 meter dan yang paling tas adalah 2 meter. Air curug yang berada di ketinggian kurang lebih 1.400 Mdpl.

Debit air yang besar menimbulkan suara bergumuruh yang cukup keras, sehingga membuat Curug CItambur sellau dikelilingi oleh kabut. Curug Citambur dibatasi dengan tebing curam, sehingga tidak disarankan untuk berada di bawah curug tersebut.

Curug Citambur berlokasi di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Rute yang ditempuh untuk menuju Curug ini bisa diambil dari arah Bandung menuju ke Soreang Ciwidey.

Selanjutnya ambilah rute menuju Wisata Alam Situ Patengang, dan apabila telah sampai ke Perkebunan Teh Sinumbra membutuhkan waktu tempuh sekitar kurang lebih 1,5 jam untuk melaju ke Desa Karangjaya.

Apabila wisatawan telah sampai di Kantor Desa Karangjaya, maka telah sampai ke gerbang pintu masuk Curug Citambur, namun perjalanan masih sekitar 200 meter hingga tempat parkir yang telah tersediakan.

Yang terakhir dilanjutkan berjalan kaki dari parkir ke area Curug. Tiket masuk untuk menikmati suasana air terjun Curug Citambur adalah sekitar Rp.5.000,- sampai Rp.7.000,- sudah termasuk parkir kendaraan roda dua maupun roda empat.

Baca Juga :  Hibur Wisatawan Di Akhir Libur Panjang Wahana Alam Parung Hadirkan Erie Susan dan Iyet Bustami

Diantara fasilitas yang dimiliki oleh kawasan Curug Citambur ini diantaranya seperti fasilitas umum. Yaitu seperti, tempat parkir yang luas, toilet, mushola serta beberapa warung yang menjual bermacam-macam makanan dan minuman.

Geger Bintang Matahari

Wisata Geger Bintang Matahari terletak di Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jarak tempuh dari Pusat Kota Bandung menuju Geger Bintang Matahari sejauh ± 18 km. Lokasi wisata ini terletak pada ketinggian 1.587 Mdpl. Untuk menikmati keindahan lokasi wisata ini pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar 15.000. Pengunjung dapat menikmati keindahan tegakan pinus dan Kota Bandung dari ketinggian 1.587 Mdpl.

Kebanyakan wisatawan berdatangan ke Geger Bintang Matahari untuk menyaksikan fenomena sunrise yang indah. Tempat ini cocok dijadikan tempat berkemah keluarga karena medannya tidak terlalu ekstrim dan memiliki fasilitas yang lengkap.

Curug Cipamingkis

Curug Cipamingkis terletak di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Pengunjung dapat menempuh jarak 44 km dari Kota Bogor untuk sampai ke lokasi wisata tersbeut. Harga tiket masuk Curug Cipamingkis yaitu 35.000 pada weekday dan 40.000 pada weekend. Pengunjung dapat menikmati keindahan curug atau air terjun yang memiliki ketinggian ± 25 m.

Selain bermain air di curug yang indah, pengunjung juga dapat berswafoto pada beberapa spot. Jika pengunjung kelelahan dapat bermalam pada penginapan atau berkemah. Terdapat 10 jenis penginapan/perkemahan yang dapat dipilih pengunjung dengan range harga 250.000 – 3.000.000

Telaga Saat

Telaga saat menawarkan wisata suasana danau yang terletak di tengah perkebunan teh dan dikelilingi perbukitan yang berudara sejuk. Telaga saat terletak di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Untuk mencapai lokasi wisata, pengunjung dari Kota Bogor dapat melalui Jalan Raya Puncak – Cianjur dan Jl. Raya Ciawi – Cianjur dengan perkiraan waktu tempuh 1 jam. Telaga Saat merupakan danau alami seluas 1,5 Ha, danau ini adalah titik 0 km sungai Ciliwung.

Pengunjung wisata Telaga Saat dapat menikmati keindahan telaga berair jernih sambil melakukan beragam aktivitas diantaranya : jogging di mengelilingi danau, berswafoto di beberapa spot foto yang instagrammable, berkeliling telaga dengan perahu karet dan kano, dan berkemah.

Fasilitas-fasilitas yang ditawarkan Telaga Saat meliputi : toilet umum, mushola, gazebo, warung makan, track jogging, perahu karet, kano, perahu rakit, jasa fotographer, camping ground, tempat penginapan glamping.

Dengan membayar 35 ribu Rupiah, pengunjung dapat menikmati keindahan wisata Talaga Saat. Wisata ini dapat dikunjungi pada jam 07.30 – 18.00. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi instagram : @telagasaatpuncak

Gunung Dago

Gunung Dago merupakan objek wisata yang terletak di Parung Panjang tepatnya berlokasi di Cikuda, Parung Panjang, Kabupaten Bogor berjarak sekiranya 49 Km dari Kota Bogor. Pengunjung hanya perlu merogoh kocek 15.000 – 25.000 untuk menikmati keindahan bentang alam perbukitan Bogor yang berudara sejuk.

Selain keindahan alam hutan dan perbukitan, wisatawan dapat menikmati wahana-wahana yang tersedia yaitu spot foto ciamik, sepeda gantung, flying fox, kampung adat, perkemahan. Wisatawan yang ingin melakukan gathering di Gunung Dago dapat menyewa lahan café, kampung adat, aula, beserta paket konsumsi.

Baca Juga :  Perhutani Akan Benahi Kawasan Ranca Upas

Bagi pengunjung yang ingin melakukan prewedding juga dapat menggunakan paket prewedding yang tersedia. Wisata Gunung Dago dapat dikunjungi pada jam 07.30 – 17.00. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengecek instagram @wisatagunungdago.

Wisata Blok Cikole

Destinasi wisata di Cikole merupakan salah satu yang perlu anda kunjungi. Wisata Blok Cikole ini berlokasi di Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat sekitar 19 km dari Kota Bandung dan dapat ditempuh selama 1 jam. Wisata Blok Cikole menawarkan keindahan hutan pinus yang asri dengan udara sejuk dan menyegarkan.

Pada Blok Cikole ini terdapat wisata alam yang variatif. Jika anda ingin menikmati keindahan bentang alam sambil bermain flying fox bersama keluarga, anda dapat memilih wisata PAL 16 hanya dengan membayar 10 ribu rupiah.

Jika anda ingin berkemah pada hamparan camping ground yang luas, maka Jungle Milk, Cozy Land, Kebon Pines, Tangkal Pinus dan B’Land adalah pilihan yang cocok untuk anda. Selain menawarkan camping ground, terdapat paket piknik beserta makanan yang dapat dipilih oleh wisatawan.

Tangkal Pinus menawarkan sensasi piknik bersama hewan alpaca dan kuda, namun tak perlu khawatir karena ada pegawai yang diap mengawasi hewan-hewan ini. Pengunjung yang ingin merasakan sensasi lainnya yaitu bermain outbond dan paint ball di antara hutan pinus dapat memilih War Games Zona 235. Tarif untuk bermain di War Games Zona 235 berkisar Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000 menyesuaikan permainan yang akan dipilih.

Daftar harga pada Jungle Milk Jayagiri adalah sebagai berikut :

Tiket Camping mandiri : Rp. 125.000 , Paket Manja : Rp. 240.000 , Campervan : Rp. 600.000/mobil

Paket wisata piknik Jungle Milk : Rp.150.000/orang (Traditional Menu), Rp. 240.000/orang (BBQ)

ATV : Rp. 250.000/jam

Trekking : Rp. 80.000/jam

Informasi lebih lengkap : @junglemilk.lembang

Daftar harga pada Tangkal Pinus Jayagiri adalah sebagai berikut :

Mandiri Camp : Rp. 148.000 (Weekday), Rp. 158.000 (Weekend)

Manja Camp : Rp. 238.000 (Weekday), Rp. 248.000 (Weekend)

Family Camp : Rp. 289.000 (Weekday), Rp. 299.000 (Weekend)

Range harga paket makan : Rp. 80.000 – Rp. 297.000

ATV Rp. 250.000/jam

Informasi lebih lengkap : @tangkalpinus

Daftar harga pada Cozy Land adalah sebagai berikut :

Tiket masuk Camping : Rp. 30.000

Tiket masuk wisata : Rp. 15.000

Paket tenda kapasitas 4 orang : Rp. 400.000

Paket tenda kapasitas 6 orang : Rp. 500.000

Informasi lebih lengkap : @cozylandlembang

Daftar harga pada Kebon Pines adalah sebagai berikut :

Tiket masuk Camping : Rp. 20.000

Tiket masuk wisata : Rp. 15.000

Campervan : Rp. 50.000/mobil

Motocamp : Rp. 20.000/motor

Tenda dome 4 orang : Rp. 350.000

Tenda dome 6 orang : Rp. 450.000

Tenda dome 4-6 orang : Rp. 600.000

Informasi lebih lengkap : @kebon_pines

“Petugas wisata  Perhutani Jabar dan Banten akan melayani wisatawan  dengan profesional beserta  keramahannya sehingga pengunjung akan merasa nyaman di lokasi wisata kami,” pungkas Dadan. ***