Kekeringan Masih Melanda, IJTI Tasik Bagikan 10 ribu Liter Air Bersih

JABARTRUST.COM, Kota Tasikmalaya – Krisis air bersih dampak kemarau panjang masih melanda sejumlah wilayah di Indonesia, salah satunya di Kota Tasikmalaya Jawa Barat. Meski hujan sudah mulai turun, namun warga di Kelurahan Setiawargi Kecamatan Taman Sari Kota Tasikmalaya masih alami kekeringan dan kesulitan mendapatkan air bersih.

Warga pun menyambut antusias bantuan air bersih dari PDAM Tirta Sukapura yang digagas Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Tasikmalaya, bersama Bakti Kalam Insani Foundation, Kamis 09 November 2023.

Dengan membawa ember, jerigen dan galon air warga rela antri demi mendapatkan air bersih setelah hampir 5 bulan dilanda kekeringan akibat kemarau. Selama kemarau, warga harus rela mengambil air dari sungai yang berada di perbatasan Kota dan Kabupaten Tasikmalaya dengan jarak satu kilometer lebih.

Baca Juga :  Hasil Pembahasan Akan Diimplementasikan dalam Kebijakan Pembangunan di Jawa Barat

“Kemaren ada hujan dua hari tapi masih tak ada air, masih kesusahan. Kalau tidak ada air kadang beli atau nyari ke perbatasan Kabupaten jaraknya lebih dari satu kilometer,” ujar Yeni Nurhaeni salah satu warga.

Selain sebagai bentuk kepedulian kepada warga terdampak kekeringan, bakti sosial ini juga sebagai bentuk syukuran atas terbentuknya Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Koordinator Daerah Tasikmalaya, yang dibentuk sebagai wadah silaturahmi insan jurnalis televisi di Tasikmalaya. Sebanyak 10 ribu liter air bersih didistribusikan dalam bakti sosial ini dengan menggunakan 2 truk tangki PDAM.

“Kegiatan ini sebagai syukuran IJTI Korda Tasikmalaya yang kemarin berdiri, dimana dalam bakti sosial ini kita memberikan 10 ribu liter bantuan air bersih bagi warga yang sampai saat ini masih alami kesulitan air bersih,” ucap Hendra Herdiaya Ketua IJTI Korda Tasikmalaya.

Baca Juga :  Resmi! Berikut Besaran Zakat Fitrah Kab/Kota Se-Jabar Tahun 2022

Selain pendistribusian air bersih, IJTI Korda Tasikmalaya juga menyalurkan puluhan paket sembako kepada anak yatim dan para jompo, dengan turut dihadiri tokoh masyarakat dan kepolisian setempat.

“Kita juga berikan santunan kepada puluhan anak yatim dan para jompo sebagai bentuk kepedulian kita kepada sesama,” pungkas Hendara.***(yudie)