Pengemis Pura-pura Buta di Bandung Ditangkap, Ternyata Berasal dari Brebes

Jabartrust.com, Bandung,– Petugas dari Unit Sosial Response (USR) Dinas Sosial Kota Bandung berhasil mengamankan dua pengemis yang berpura-pura buta di Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung. Kedua pengemis tersebut diketahui berasal dari Brebes, Jawa Tengah.

Pengemis berinisial S dan T tersebut berhasil ditangkap petugas pada hari Jumat, tanggal 29 Oktober 2023. Keduanya berpura-pura buta saat mengemis, dan dalam sehari, mereka dapat mengumpulkan uang dalam jumlah ratusan ribu rupiah.

“Kini, mereka sedang menjalani program rehabilitasi di Dinas Sosial Bandung,” kata Kepala Dinsos Kota Bandung, Sony Bakhtiar, kepada para wartawan pada hari Minggu, tanggal 29 Oktober 2023.

Sony Bakhtiar menjelaskan bahwa tim USR Dinsos Kota Bandung secara rutin melakukan pengawasan dan telah menemukan dua pengemis yang berpura-pura buta untuk meminta belas kasih dari masyarakat. Petugas USR berhasil mengamankan kedua pengemis ini.

Baca Juga :  Dr Ema Siti Huzaemah Ahmad SH MH, Penggiat Maenpo yang Melestarikan Seni Budaya Cianjur

“Kami menemukan salah satu pengemis yang berpura-pura buta berkolaborasi dengan rekan mereka seolah-olah sedang menuntun atau memberikan petunjuk arah,” ungkap Soni Bakhtiar.

Menurut Kadinsos Kota Bandung, petugas USR sering menemukan pengemis yang mengeksploitasi simbol kemiskinan dan disabilitas, yang beraksi di Kota Bandung. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan rasa iba di antara masyarakat atau pengguna jalan, agar mereka memberikan sejumlah uang kepada para pengemis tersebut.

“Ibaikan mereka bukan dengan memberi uang di jalanan, karena hal ini tidak akan memecahkan masalah mereka. Sebaliknya, Bandung akan menjadi tempat yang ramai dengan Pengemis Pura-pura Kehidupan Sosial,” tambah Kadinsos Kota Bandung.

Soni Bakhtiar menegaskan bahwa Kota Bandung adalah sebuah kota jasa. Kehadiran Pengemis Pura-pura Kehidupan Sosial (PPKS) yang terlibat dalam aktivitas kriminal dan mengganggu wisatawan dapat berdampak negatif pada citra kota.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Promosikan Wisata Jabar Selatan Lewat Permainan Layangan di Pantai Palangpang

“Kita harus mencegah agar kota ini tetap aman dan tidak terkesan kumuh dengan banyaknya PPKS di jalanan. Mari kita berhenti memberi uang kepada mereka,” ujar Soni Bakhtiar.

Kepala Dinas Sosial juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin memberikan bantuan atau donasi agar diberikan kepada lembaga yang telah mendapatkan izin resmi.

Mengemis Dengan Strategi Baru

Petugas Dinas Sosial Kota Bandung berhasil mengamankan dua pengemis yang berpura-pura buta di Jalan Ahmad Yani. Kedua pengemis tersebut diketahui berasal dari Brebes, Jawa Tengah.

Yang menarik, pengemis ini menggunakan strategi baru untuk mengemis. Mereka tidak hanya berpura-pura buta, tetapi juga bekerja sama dengan rekan mereka. Salah satu pengemis berpura-pura buta, sedangkan rekan lainnya berpura-pura menuntun atau memberikan petunjuk arah.

Baca Juga :  Yonif Raider 300/Bjw Gandeng Babinsa Dan Komunitas Trail Bagikan Bansos Ke Daerah Terpencil

Strategi ini ternyata cukup berhasil. Dalam sehari, kedua pengemis ini dapat mengumpulkan uang dalam jumlah ratusan ribu rupiah.

Kepala Dinas Sosial Kota Bandung, Sony Bakhtiar, mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memberi uang kepada pengemis. Hal ini karena tidak akan menyelesaikan masalah mereka, bahkan dapat membuat Kota Bandung menjadi tempat yang ramai dengan pengemis.