Cek Kesiapan Asrama Haji Indramayu, Bey Minta Pengelola Hadirkan Rasa Nyaman bagi Calon Haji

JABARTRUST.COM, KABUPATEN INDRAMAYU — Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin meminta pihak pengelola Asrama Haji Indramayu untuk membersihkan lingkungan demi kenyamanan dan kesehatan Calon Jemaah Haji (CJH) yang menginap.

Pasalnya, Asrama Haji Indramayu akan menjadi tempat istirahat CJH sebelum mereka terbang dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, pada 12 Mei 2024.

“Saya minta tolong kalau bisa dibersihkan sampai yang kecil-kecil, seperti tanaman-tanaman yang kurang baik dan juga genangan air jangan sampai menimbulkan penyakit,” ucap Bey Machmudin di Asrama Haji Indramayu, Jumat (3/5/2024).

Selain itu, Bey akan bergerak cepatĀ  berkoordinasi dengan Kanwil Kemenag Jabar dan Kementerian PUPR untuk mengatasi perihal temuan kondisi air untuk mandi yang payau.

“Di situ (Asrama Haji Indramayu) masalahnya air yang cukup payau, tapi kami terus berusaha baik Pemprov, Kemenag sudah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk mengatasi airnya, yang kelihatannya seperti bersih, tapi payau,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pemda Jabar dan Prestasi dalam Implementasi SPBE 2023

CJH akan menempati asrama haji pada 11 Mei. Menurut Bey, walaupun mereka hanya menginap satu malam untuk beristirahat, namun kenyamanan dan kebersihan tetap lah menjadi hal yang utama.

“Setelah tadi (ke) Bandara Kertajati sekarang Asrama Haji (Indramayu), yang akan digunakan oleh jemaah yang akan berangkat. Mereka mulai masuk tanggal 11 Mei. Jadi saya ingin melihat dan Pak Kanwil Kemenag mengatakan, besok (Sabtu) akan melakukan pembersihan keseluruhan,” tutur Bey.

Meskipun masih ada beberapa kendala terkait sanitasi dan ketersediaan air bersih yang kurang. Bey mengemukakan, keterisian perlengkapan di kamar tidur sudah cukup baik untuk CJH beristirahat.

“Saya rasa perlengkapan di kamar cukup baik, memang agak gelap, tapi kan mereka datang ke sini hanya untuk istirahat. TV pun tadi kita coba tidak ada saluran, tapi nanti kita coba ke Pak Kanwil, yang tayang manasik saja, tidak ada channel TV lainnya, hanya informasi tentang perjalanan haji supaya mereka yang berangkat tetap ingat,” ungkapnya.

Baca Juga :  Sekda Setiawan Dorong Transformasi Digital Pelayanan Publik di Jabar

Sedangkan untuk ketersediaan kamar ada 100 unit dan menyediakan empat bed (per kamar). Jadi bisa memfasilitasi sekitar 400 jemaah haji yang menginap di Asrama Haji Indramayu.

Bey pun menekankan kebersihan kamar mandi menjadi hal yang utama, termasuk mengganti seprai secara berkala.

“Kamar asrama ada 100 dikali 4 (bed), jadi bisa diisi 400 jemaah haji. Saya minta kelengkapannya, kesiapan petugas karena setiap pergantian jemaah itu akan diganti seprai, kerapihan dan sebagainya. Itu harus dijaga, sekalian membersihkan kamar mandi. Jadi secara keseluruhan sudah siap, tinggal pembersihan akhir dan Pak Kanwil janji besok akan dibersihkan,” tandas Bey.

Sementara itu Kanwil Kemenag Jabar Ajam Mustajam akan merekrut 300 orang pegawai untuk membantu melayani CJH yang akan beristirahat di Asrama Haji Indramayu dengan memprioritaskan warga lokal.

Baca Juga :  Menjaga Kesehatan Mental: RSUD Kota Banjar Hadirkan Ruang Tanjung untuk Caleg

“Untuk musim haji merekrut 300 pegawai, diutamakan warga sekitar untuk tenaga kebersihan dan lain-lain,” kata Ajam.

Menurutnya, kenyamanan dan memberikan pelayanan maksimal kepada CJH menjadi prioritas utama pihak pengelola.

Maka dari itu, untuk memudahkan aksesibilitas di kawasan Asrama Haji Indramayu akan menyediakan kendaraan mobil Golf 5.

“Kita mendatangkan mobil Golf 5 untuk mengangkut jemaah dari aula. Untuk kamar jemaah lansia di lantai bawah,” tandasnya.