110 Rumah di Jawa Barat Terdampak Gempa Garut

JABARTRUST.COM, BANDUNG, – Kerugian materi yang diakibatkan oleh gempa magnitudo 6,2 di Kabupaten Garut terus bertambah. Menurut laporan dari Pusat Pengenalian dan Operasi (Pusdalops) BNPB, hingga Minggu (28/4) pukul 14.00 WIB, total rumah yang terdampak mencapai 110 unit, meningkat dari sebelumnya hanya 27 unit.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, menjelaskan bahwa berdasarkan tingkat kerusakannya, terdapat 3 unit rumah rusak berat, 21 unit rumah rusak sedang, 34 unit rumah rusak ringan, 11 unit rumah terdampak, dan 41 unit rumah rusak.

Rincian kerusakan terbanyak terjadi di Kabupaten Garut dengan 41 unit rumah, disusul oleh Kabupaten Bandung dengan 24 unit rumah, Kabupaten Sukabumi dengan 17 unit rumah, Kabupaten Tasikmalaya dengan 7 unit rumah, dan Kota Tasikmalaya dengan 5 unit rumah.

Baca Juga :  RUMI Target: Prabowo Menang Besar di Kabupaten Bandung

Sementara itu, korban jiwa juga mengalami penambahan. Hingga Minggu siang, terdapat 8 orang yang luka akibat gempa dan 75 kepala keluarga terdampak, meningkat dari sebelumnya hanya 27 KK.

Abdul Muhari menyebutkan bahwa selain kerusakan rumah, gempa ini juga menyebabkan kerusakan pada bangunan fasilitas publik seperti tempat ibadah, sekolah, perkantoran, dan rumah sakit.

BPBD Provinsi Jawa Barat bersama BPBD kabupaten dan kota yang terdampak masih terus melakukan pendataan dan kajian cepat untuk menginventarisasi kerusakan dan menyelamatkan warga yang terdampak.