Khasiat Herbal Daun Kelor Stabilkan Kadar Gula Darah dan Cegah Stunting

JABARTRUST.COM,BANDUNG – Dokter Teresia Monica Raharjo saat ini tengah melakukan penelitian mengenai khasiat pengobatan herbal. Terutama khasiat dari tumbuhan daun kelor yang banyak ditemui di Indonesia.

“Itu salah satu herbal salah satu tanaman anti oksidan. Saat ini sudah banyak penelitian daun kelor dapat membantu meringankan anak-anak stunting,” tutur Dokter Teresia, Senin 15 April 2024.

Tak hanya untuk pengobatan stunting, Dokter Teresia juga mengungkapkan manfaat daun kelor seperti menstabilkan kadar gula darah dan efek anti kanker.

“Daun Kelor juga bisa dikombinasikan dengan herbal lain. Kan tubuh kita banyak membutuhkan protein baik nabati atau hewani. Kombinasi dengan hewan gabus itu menjadi protein yang sangat baik,” tutur Teresia.

Baca Juga :  Komunitas Orahraga Konsisten Beri Santunan Anak Yatim Saat Ramadhan

Oleh sebab itu, Dokter yang lebih akrab disapa Dok Mo ini tertarik untuk mempelajari manfaat daun kelor lebih dalam. Bahkan, pemberian daun kelor juga pernah diberikan pada pasien di ICU.

“Ikan gabus, daun kelor dan temu lawak memberikan efek yang positif pada pasien di ICU,” jelas Dok Mo.

Kedepan, Dok Mo bakal melakukan penelitian manfaat daun kelor untuk ibu hamil dan pasien diabetes.

“Negara kita ini kaya akan tumbuhan yang berhkhasiat baik bagi tubuh kita,” jelas Dok Mo.

Saat ini, lanjut Dok Mo, penyakit-penyakit degeneratif seperti diabetes atau kencing manis, hipertensi dan juga penyakit keganasan yakni kanker menjadi perhatian khusus. Pasalnya populasi orang lanjut usia di indonesia semakin meningkat.

Baca Juga :  KEMENTAN Dahulukan Hewan Sehat PMK di Vaksin

“Populasi orang lanjut usia sudah menuju 25 sampai 30 persen,” jelas Dok Mo.

Oleh karena itu, diperlukan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan di usia lanjut. Pola hidup tidak sehat, lanjut Dok Mo masih menjadi kebiasaan masyarakat hingga menyebabkan obesitas, kelainan pembuluh darah.

“Dan penyakit itu sudah banyak di perkotaan,” jelasnya.

Tentunya penyakit-penyakit tersebut dapat menurunkan kualitas hidup dan dmenghabiskan biaya untuk berobat. Akan tetapi setiap pengobatan pasti ada efek samping.

“Efek samping paling besar adalah peningkatan radikal bebas,”

“Selain pengobatan, kita sebaiknya mengkonsumsi suplemen herbal, bahan natural. Dengan begitu kita dapat mencegah kondisi tersebut,” tutupnya.*